Be Simple, Be Strong!
By :
Edward Rhidwan
Salah
satu faktor terpenting dalam terwujudnya kesuksesan adalah kejelasan akan
impian. Jika
kita tahu dengan jelas apa yang kita ingin capai, mengapa kita ingin
mencapainya, dan mengapa kita BISA mencapainya, maka cara-cara bagaimana
mencapainya akan muncul dengan sendiri. Kejelasan memberikan kekuatan!
Dari sini saja banyak
orang yang gagal. Tidak jelasnya suatu visi membuat kita tidak tahu apa yang
harus kita lakukan untuk mencapainya dan jalan mana yang harus kita tempuh
dalam hidup. Sehingga kita seperti terombang-ambing dalam kehidupan.
'Jelas' berarti rinci,
sederhana, dan mudah dipengaruhi. Barometernya adala jika Anda bisa menjelaskan
tujuan anda kepada anak usia 5 tahun, dan mereka bisa mengerti dengan mudah,
itulah kejelasan. Kenapa kok harus anak kecil? Ya karena pikiran bawah sadar
bekerja seperti anak kecil.
Semakin mudah dan
sederhana kalimat tujuan anda, semakin mudah pikiran bawah sadar untuk
menangkapnya. Dan dengan begitu ia akan mencari cara-cara yang juga sederhana
dalam mewujudkannya.
Bagi saya, 'cerdas'
bukan hanya mereka yang bisa mengerti hal-hal rumit. Tapi menyederhanakan
hal-hal rumit itu sehingga bisa dipahami orang awam juga adalah kecerdasan.
Einstein saja adalah salah satu orang yang bekutat dengan hal-hal paling rumit
dalam semesta sepanjang hidupnya. Tapi meski begitu ia bisa menyederhanakan
kerumitan itu, menjadi satu rumus yang yang bisa dipahami oleh semua orang,
E=mC2.
Einstein sendiri pernah
berujar, "We have to make everything as simple as possible, but not simpler."
Salah satu kunci
kesuksesan seorang Brian Tracy adalah kejelasan dan kesederhaannya dalam
berpikir. Ia katakan bahwa solusi terbaik dari apapun masalah kita, sebenarnya
adalah yang paling sederhana. Yang membutuhkan paling sedikit langkah untuk
melakukannya.
Hanya saja kita terbiasa
untuk berpikir rumit. Kita pikir masalah sulit butuh solusi yang rumit. Padahal
justu sebaliknya.
Contoh lagi, dalam
bisnis. Jika Anda tidak jelas mengenai apa yang ingin Anda jual kepada customer Anda, mengapa mereka harus membeli dari
Anda, dan apa untungnya bagi mereka.. mustahil mereka akan membeli lagi dari
Anda. 'Jelas' berarti kalimat yang paling sederhana, yang mudah dipahami. Dan
ini diakui oleh pakar periklanan manapun di dunia. Jeff Woll dan Steve Lance
dalam bukunya The Little Blue Book of Advertising menggambarkan, jika iklan Anda bisa mengatasi
masalah customerdalam 1 atau 2 kata maka Anda akan lebih mudah menggaet mereka.
Misalnya, "Lapar? Call us!" Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca sendiri bukunya.
Intinya adalah berikanlah penawaran yang paling sederhana dan bermanfaat bagi customer anda.
Sukses untuk kita semua!
Be Simple, Be Strong!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar